Blognya Bunda Ze

Tempat Bunda belajar menulis sekaligus berbagi….

Sekilas tentang tahsin

on February 5, 2013

Waktu itu saya pernah cerita tentang senengnya saya karena akhirnya bisa ikut kelas tahsin di sini https://zehanachda.wordpress.com/2012/09/26/belajar-tahsin-yuuukk/. Agak mengejutkan kalo dari statistik yg tertera di blog saya, ternyata postingan saya yang tahsin ini termasuk yang paling banyak dibaca pengunjung blog. Karenanya, sekarang saya mau bercerita lagi tentang kelas tahsin yg saya ikuti. Sedikit ilmu yang saya peroleh ingin saya bagi disini sebagai gambaran mengenai kelas tahsin.

Yang dipelajari di kelas tahsin sebenarnya adalah ilmu tajwid Al Qur’an. Secara bahasa, tajwid juga diartikan sbg tahsin, yaitu memperbaiki. Sementara secara istilah, tajwid didefinisikan dengan membaca Al Qur’an dengan benar sebagaimana bacaan Rasulullah SAW dan para sahabatnya RA dg cara:

1. Mengeluarkan huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) = makhorijul huruf.
2. Memenuhi sifatnya (sifatul huruf).
3. Memperhatikan hukum bacaan.

Para ulama salaf dan kholaf sepakat tentang wajibnya Tajwid Al Qur’an. Hukumnya untuk teori adlh fardhu kifayah, sementara untuk praktek adlh fardhu ‘ain.

Dari definisinya, jelas bahwa ada 3 hal pokok yang dipelajari dalam kelas tahsin. Bukan sekedar supaya orang bisa baca Al Qur’an tapi supaya bisa membaca dengan benar. Saya uraikan sedikit satu persatu tentang 3 hal ini:

1. Makhorijul Huruf
Setiap huruf hijaiyah memiliki tempat keluarnya masing2. Ada yang keluar dari tenggorokan, lidah dan bibir. Yang dari tenggorokan, ada yang tenggorokan bagian ujung, tengah dan pangkal. Yang lidah pun berbeda2. Apakah dari 28 huruf Hijaiyah berarti keluar dari 28 tempat berbeda? Tidak, beberapa huruf memiliki tempat keluar yang sama, namun memiliki sifat yang berbeda. Contoh: huruf tsa, dza, dzho keluar dari tempat yang sama, yaitu ujung lidah bertemu ujung gigi depan yang atas. Namun mereka memiliki beberapa sifat yang berbeda adapula yang sama.

2. Sifatul huruf
Secara umum ada 5 sifat huruf yang memiliki lawan (berarti total ada 10 sifat) dan 7 sifat yang tidak memiliki lawan, total ada 17 sifat huruf. Kita ambil contoh huruf yang sama dengan yang di atas. Huruf tsa sifatnya keluar nafas, kedua huruf lainnya memiliki sifat lawannya, yaitu tidak keluar nafas. Bedanya dza dengan dzho adalah dza sifatnya lidah turun sedangkan untuk dzho lidahnya naik ke langit2.

3.  Hukum bacaan.
Hukum bacaan ini mungkin yang paling umum diketahui orang. Kebanyakan orang mungkin tahu kalau baca Al Qur’an ada panjang-pendeknya namun berapa panjang harakatnya dan termasuk hukum mad yg mana mgkn banyak yg blm paham. Hukum bacaan yang mendasar lainnya adalah meliputi izhar, idghom, iqlab dan ikhfa. Hukum2 bacaan lainnya masih banyak lagi.

Begitulah sekilas tentang apa yang dipelajari di kelas tahsin. Bingung? Tidak puas? Alhamdulillah🙂 Karena memang menurut saya, pelajaran ilmu tajwid tidak bisa dilakukan hanya dengan membaca atau menonton VCD/DVD melainkan harus menghadiri pertemuannya. Guru tahsin berulangkali mendengarkan dan mengkoreksi bacaan kita. Praktek membaca lebih diutamakan daripada menghafal teori2nya. Mudah2an setelah baca tulisan ini, saudara2 saya yg muslim jadi semangat belajar ilmu tajwid untuk memperbaiki bacaan Al Qur’an-nya.


2 responses to “Sekilas tentang tahsin

  1. difana says:

    disini juga ada yang ngajar tahsin mbak.. dan bisa ditebak.. ternyata selama ini bacaan saya banyak yang kurang tepat mbakkk.. hadoohhh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RedCarra's Notes

Journal of Creative Writing, Blogging, Graphic Design and Daily Life

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

ruang cerita shant

apa adanya bukan seadanya

CENDEKIA

Kids and Junior Science Center

Syauqiya

My Life, My inspiration

Ellina Supendy

My Life and My World

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Dina Y. Sulaeman

About Life, Parenting, and Motherhood

catatan mama nisa

Jadi Ibu di Jepang.

Mencoba Sakinah

----- Keluarga KamiL -----

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Enlighten & Empower

Which of your Lord's Blessings would you deny...

miapiyik

A topnotch WordPress.com site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

teman imaji

Invisible yet not Impossible. I exist.

%d bloggers like this: