Blognya Bunda Ze

Tempat Bunda belajar menulis sekaligus berbagi….

Memasuki masa baru: Menyapih dengan cinta

on January 20, 2013

Alhamdulillah…hari ini, 20 Januari 2013, adek Ziqri berusia 2 tahun. Usia yang umumnya sudah harus disapih.

Selama ini kalau ngomongin tentang penyapihan, orang2 selalu memberi saran macam2. Yang payudaranya dikasih pahit2 lah, atau dikasih warna2, dikasih plester dan apapun yang bisa membuat si anak jadi ga mau nyusu lagi. It’s a BIG NO for me. Sesuai namanya, menyapih dengan cinta adalah menyapih dengan penuh kasih sayang dan kerelaan, anaknya rela dan ibunya juga rela. Bukan dengan trik2 ‘membohongi’ (bagi saya trik2 itu seperti sedang membohongi anak). Diperlukan kesiapan ibu dan anak untuk ‘berpisah’ dari proses yang telah menguatkan ‘bonding’ mereka selama ini.

Ada beberapa hal yang juga saya catat dalam proses WWL ini, yaitu:
1. Ibu tidak menolak ketika anak minta menyusu, tidak pula menawarkan.
2. Komunikasikan dengan anak secara baik2.
3. Belajar mengalihkan keinginan anak menyusu dengan menawarkan air putih, jus buah segar, atau makanan sehat lainnya.
4. Konsisten dan komitmen.

Well, disini saya ga ngebahas tentang proses WWL lebih detail. Krn kebetulan saya blm mengalami. Shaznin dulu berhenti dengan sendirinya di usia 1 tahun 5 bulan krn mungkin rasa ASI yang berubah wkt saya sedang hamil 4 bulan adeknya.

Saya cuma mau mengungkapkan bahwa bagi saya (dan saya yakin bagi banyak ibu lainnya), menyusui adalah candu. Bikin ketagihan, bikin bahagia, bikin tenang. Memang awalnya penuh perjuangan. PD lecet, bengkak, sakit, digigit…kadang sampe nahan lapar dan nahan pipis. Buat ibu2 yg lain pasti perjuangannya lebih berat daripada saya, spt ibu2 yang tidak mendapat dukungan keluarga (suami dan orangtua/mertua), ibu2 bekerja yang harus kejar tayang ASI perahan, ibu2 yang anaknya bingung puting, nolak nyusu, dsb. Salut buat mereka semua.

Sejalan dengan berlalunya waktu dan bertambahnya pengetahuan tentang menyusui, saya merasakan betapa bahagianya bisa merasakan proses ini. Bertatapan mesra, berpegangan tangan, skin to skin dengan anak adalah bagian dari keindahan menyusui. Ketika anak sakit, saya tak pernah mengalami khawatir berlebihan krn yakin dan memang terbukti bahwa ASI saya adalah obat utamanya yang paling manjur.

Dengan kebahagian spt itu dan manfaat ASI yang sy rasakan, rasa2nya pendapat saya dengan ibu2 lainnya sama, bahwa menyapih akan menjadi momen yang cukup ‘berat’ bagi saya. *melow*

Belum rela, belum siap, belum mau ‘berpisah’ dengan buah hati saya. Tapi ternyata memang inilah proses hubungan ibu-anak yg harus dijalani. Pertamanya anak adalah bagian dr dlm tubuh kita, lalu lahir pun dia masih ‘menempel’ pada kita. Skrg tiba saatnya untuk menjalani tahap ‘perpisahan’ pertama diantara hubungan ibu-anak.

Adek Ziqri sayang, yuk kita sama2 belajar menjalani proses penyapihan ini.
Sungguh, menyusuimu selama 2 tahun ini adalah anugrah. Sumber kebahagiaan dan kebanggaan bunda.
Bunda sangat percaya bahwa cairan emas yang bunda berikan, akan menjadikanmu selalu kuat, sehat dan cerdas.
Bunda juga sangat yakin, bahwa cinta, doa, dan harapan yang bunda lirihkan ketika menyusuimu, akan masuk ke dalam aliran darahmu, menjadikanmu anak yang soleh dan penuh cinta.
Sekarang, waktunya kita belajar untuk ‘bermesraan’ dengan cara yang lain, cara yang juga tak kalah indahnya.
Selamat ulang tahun anakku sayang, selamat wisuda S3 ASI malaikat penyejuk hati bunda.
Semoga kamu selalu dalam lindunganNya. Aamiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RedCarra's Notes

Journal of Creative Writing, Blogging, Graphic Design and Daily Life

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

ruang cerita shant

apa adanya bukan seadanya

CENDEKIA

Kids and Junior Science Center

Syauqiya

My Life, My inspiration

Ellina Supendy

My Life and My World

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Dina Y. Sulaeman

About Life, Parenting, and Motherhood

catatan mama nisa

Jadi Ibu di Jepang.

Mencoba Sakinah

----- Keluarga KamiL -----

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Enlighten & Empower

Which of your Lord's Blessings would you deny...

miapiyik

A topnotch WordPress.com site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

teman imaji

Invisible yet not Impossible. I exist.

%d bloggers like this: