Blognya Bunda Ze

Tempat Bunda belajar menulis sekaligus berbagi….

Tanyakan pada anakmu, apa yang bunda/ayah (telah) lakukan untukmu?

on November 3, 2012

“Ibuku baik sekali. Ibu selalu membacakan buku dan memasakkan makanan kesukaanku. Aku sayang sekali ibuku.”
“Ayah suka mengajarkan aku menggambar dan memainkan musik. Aku sayang ayahku.”
“Nenek suka mendongeng, kakek mengajarkanku tentang hewan, paman suka membelikan aku buku. Aku sayang nenek, kakek dan pamanku.”

Kurang lebih begitulah yang tertulis di bukunya Shaznin. Waktu itu kami sedang membacanya bersama2. Iseng, saya tanya Shaznin, “Kalo bundanya shaznin, ngapain? Apa yg bunda lakuin untuk mbak nin atau bareng2 mbak nin?”

Sambil mesem2, cengar-cengir Shaznin menjawab, “Masakin nin, nyebokin nin kalo nin pup, mandiin nin, bacain buku….”. Dalam hati sy,alhamdulillah….:)

Lalu, “Kalau ayah?”
Shaznin berpikir…sambil mesam-mesem juga…agak lama…. Dalam hati (lagi) saya berpikir, Ya Allah, nak, masak ga inget ayahmu melakukan apa saja untukmu?.
Akhirnya, “Ayah beliin nin bukuuu.”
“Ok, terus apalagi?” saya penasaran.
“Em…em…em… apalagi ya bun? Nin ga tau.”

Ketika saya tanyakan tentang eyang2 dan omanya, Shaznin juga masih dg mesem2nya menjawab, “gak tau”.

Saya paham kalau Shaz ga terlalu ingat dengan apa2 yg dilakukan eyang/omanya untuk dia. Mungkin frekuensi bertemu yang hanya 2 minggu – sebulan sekali menjadi faktor pendukung ‘lupa’nya Shaz. Tapi, kalau ayahnya?

Ah, ayah, kalau dihitung2 pertemuan mereka juga teramat ‘singkat’. Pagi, mereka tidak sempat lama bercengkerama. Sering malah hanya sempat salaman pamit mau pergi sekolah (lebih sering Shaznin yg pergi duluan). Malam, hampir gak pernah bertemu krn Shaz sudah terlelap ketika ayah datang. Weekend…mgkn hnya itu wkt mereka bisa bermain. Dan ternyata, itu belum cukup membuat Shaz mengingat apa2 yang dilakukan ayah untuknya. Padahal ayah suka berperan jadi kuda buat shaz dan adiknya, ayah suka ngemil bareng2, beliin mereka cemilan, mandiin mereka…dll.

Kalau saya coba membuat sebuah hipotesa (berasa bikin paper/thesis hehe), frekuensi kebersamaan/pertemuan antara anak2 (balita) dengan orangtuanya berpengaruh pada memorinya tentang apa2 yang telah dilakukan orangtuanya untuk anak2 tersebut. Berarti, semakin sering, anak2 akan mengingatnya, semakin jarang, mereka mudah melupakannya.

Well, mungkin ini salah…namanya juga masih praduga saya, belum diteliti. Kalau ada yang pernah baca jurnal/artikel hasil penelitian tentang ini, tolong kasih tau ya🙂.

Sebagai penutup, saya menyarankan kepada para orangtua, khususnya yg masih punya balita, tanyakanlah pada mereka, “Apa yg telah bunda/ayah lakukan untukmu?” Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah setuju dengan hipotesa saya atau tidak.

Saya menjadikan hipotesa ini sbg penyemangat dan pengingat saya untuk lebih mempersering dan memperbanyak perbuatan baik saya kepada anak2 sehingga mereka melupakan bhw bundanya ini pernah juga kelepasan ngomel2, bicara dengan nada tinggi dan perbuatan yg tidak patut ditiru lainnya. Amiin🙂


2 responses to “Tanyakan pada anakmu, apa yang bunda/ayah (telah) lakukan untukmu?

  1. Irfan Handi says:

    Untuk saat ini, tidak banyak yang dapat saya lakukan untuk Arvin Kecil saya Mba. Tapi, InsyaAllah saya akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuknya.
    Terimakasih untuk artikelnya.
    Salam persahabatan dari Lombok.🙂

Leave a Reply

RedCarra's Notes

Journal of Creative Writing, Blogging, Graphic Design and Daily Life

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

ruang cerita shant

apa adanya bukan seadanya

CENDEKIA

Kids and Junior Science Center

Syauqiya

My Life, My inspiration

Ellina Supendy

My Life and My World

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Dina Y. Sulaeman

About Life, Parenting, and Motherhood

catatan mama nisa

Jadi Ibu di Jepang.

Mencoba Sakinah

----- Keluarga KamiL -----

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Enlighten & Empower

Which of your Lord's Blessings would you deny...

miapiyik

A topnotch WordPress.com site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

teman imaji

Invisible yet not Impossible. I exist.

