Blognya Bunda Ze

Tempat Bunda belajar menulis sekaligus berbagi….

Menjadi orangtua (ibu) = belajar berbagai ilmu

on November 3, 2012

Dulu, saya berpikir menjadi ibu itu alamiah saja. Abis melahirkan, ibu akan bisa dengan sendirinya menyusui, memandikan, mengganti popok dan lain2 yang berhubungan dengan mengurusi bayi. Lalu, mendidik anak juga alamiah saja, ngikut bagaimana cara orangtua mendidik kita. Dari anak masih bayi (bahkan dr dalam kandungan) sampai anak dewasa, kita memperlakukannya sama persis dengan apa yang dilakukan orangtua kita.

Well, kalau kita hidup di zaman dulu, dimana informasi masih amat terbatas, mungkin sah2 saja. Kalau bukan sama orangtua, sama siapa lagi kita belajar?

Tapi, zaman sekarang, dimana informasi dengan amat sangat mudahnya diperoleh…masihkah kita menganggap menjadi orangtua (ibu dlm hal ini ) memang alamiah saja? Ga perlu belajar apa2, nanti juga bisa sendiri. Masihkah kita mencontek mentah2 metode pengasuhan orangtua kita tanpa mencaritau metode itu baik/kurang baik, benar/salah?

Nabi Muhammad SAW pernah berkata, “Didiklah anak2mu sesuai zamannya karena mereka kelak akan hidup di zaman yang berbeda dengan dirimu “. Btw, dari beberapa sumber saya menemukan bahwa perkataan ini adalah perkataan Sayyidina Umar bin Khattab RA, adapula yg bilang ini perkataan Ali bin Abi Thalib RA. Wallahu a’lam, monggo kalau ada yang bisa memberitahu yang benar.

Dari perkataan ini, saya menyimpulkan bahwa mendidik anak zaman sekarang harus dengan ilmu yg up to date…bukan sekedar copy paste ‘ilmu’ warisan orangtua kita.

Zaman dulu, bayi 3 bulan boleh dikasih pisang, zaman sekarang penelitian menunjukkan bahwa bayi seharusnya ASI eksklusif sampai 6 bulan. Zaman dulu makanan bayi dikasih gula garam (biarpun katanya seuprit), zaman sekarang penelitian menunjukkan kalau gula garam memperberat kerja ginjal bayi. Zaman dulu ada prinsip 4 sehat 5 sempurna, skrg jadi Gizi seimbang. Zaman dulu ngomongin seks ke anak dibilang tabu, zaman sekarang kalau orangtua nggak mau ngomongin seks anak bisa nyari info sendiri di internet….dsb, dsb.

Saya coba membuat list, ilmu apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi orangtua ideal. Lagi, ini versi saya, mgkn saja berbeda dengan orangtua lainnya:

1. Ilmu Agama
2. Ilmu Sabar
3. Komunikasi
4. Manajemen : waktu, keuangan
5. Laktasi
6. Kesehatan/kedokteran
7. Gizi
8. Memasak
9. Entrepreuner (wirausaha)
10. Komputer/teknologi informasi
11. ……ada yang mau nambahin??

Pfiiuuh… buanyak banget yang harus dilakukan dan dipelajari orangtua zaman sekarang. Kalau dipikir2, menjadi orangtua itu sama dengan sekolah/kuliah lagi, selevel Phd/S3 malah. Dalam fakultas parenting ini kita harus aktif cari2 rujukan sendiri, baca2 artikel/jurnal, belajar sendiri dan ikut2 seminar/workshop/pelatihan. Nah, sama kan kayak mahasiswa Phd? Yang beda, kita boleh semau kita pilih supervisor sendiri (sumber rujukan spt dokter, konsuler laktasi, dan mereka2 yg lbh ahli di bidangnya drpd kita), kita juga ga disuruh buat thesis/disertasi, ga ada paper assignment, ga perlu presentasi, ga ada batas waktunya, dll. Eh, kok banyakan bedanya ya? xixixi…:p

Ya udah deh, segini dulu aja nulisnya. Mudah2an yang baca jadi semakin terpacu utk jd orangtua pembelajar. Oiya, sebenarnya gak jadi/blm jd orgtua juga tetep harus belajar. Tp untuk saya pribadi, menjadi orangtua seperti menjadi wake-up call, pengingat, motivator atau apapun namanya, bahwa kita perlu untuk belajar berbagai disiplin ilmu dan proses belajar itu tidak pernah berakhir sampai masuk ke liang lahat.

Semangat!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RedCarra's Notes

Journal of Creative Writing, Blogging, Graphic Design and Daily Life

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

ruang cerita shant

apa adanya bukan seadanya

CENDEKIA

Kids and Junior Science Center

Syauqiya

My Life, My inspiration

Ellina Supendy

My Life and My World

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Dina Y. Sulaeman

About Life, Parenting, and Motherhood

catatan mama nisa

Jadi Ibu di Jepang.

Mencoba Sakinah

----- Keluarga KamiL -----

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Enlighten & Empower

Which of your Lord's Blessings would you deny...

miapiyik

A topnotch WordPress.com site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

teman imaji

Invisible yet not Impossible. I exist.

%d bloggers like this: