Blognya Bunda Ze

Tempat Bunda belajar menulis sekaligus berbagi….

Belajar tahsin yuuukk :)

on September 26, 2012

Ibu ibuukk…bapak bapaaakkk, muslim muslimah yg dicintai Allah…*berasamamahdedeh*, udah pernah ngecek bacaan Qur’an ke orang2 yg paham ilmu tajwid? Kalau blm, coba deh dicek. Udah bener? Kalo udah, alhamdulillah, bisa diajarkan kembali ke yg belum bisa. Kalau blm bener, dibenerin yukk dengan ikutan Tahsin:)

Ceritanya nih saya lg semangat banget ikutan kelas tahsin di sekolahnya Shaznin. Subhanallah, entah siapa yg awalnya memprakarsai adanya kelas tahsin yg sudah berlangsung selama bbrp tahun ini. Pastinya pahala yg besar sdh
mengalir kepadanya. Adalah ibu2 POMG yg mengkoordinir kegiatan ini tiap minggunya. Dikhususkan utk ibu2 ortu wali murid sekolahnya Shaznin, tp mereka jg terbuka kpd ibu2 yg anaknya ga sekolah disitu. Wkt denger ada kelas tahsin ini, sy seneng banget krn akhirnya kesampean juga mau belajar tahsin setelah sekian luaamaaa (saking lamanya) kepengen. Pas wkt belajarnya dg jam Shaznin sekolah, pas jam segitu jg ada yg bisa jagain adek.

Jadi nih, saya ikutan kelas 1 (level 1), yg mana pelajaran dimulai dengan belajar ‘a ba ta tsa’ lagi. Di tahap ini huruf2 Hijaiyah diperkenalkan dg cara pengucapannya yg bener, sesuai dg Makhorijul Huruf (tempat keluarnya huruf) dan sifat2 yg dimiliki huruf tsb.

Dulu, temen saya yg menguasai ilmu tajwid memang pernah bilang kalo makhorijul huruf saya belum bener. Makanya penasaran banget sama pelajaran ini. Daaan…masyaAllah, ternyata memang masih jauuuhh dr pengucapan yg sempurna. Ini lidah sampe keriting mengulang2 pengucapan huruf Hijaiyah. Ada yg ujung lidah nempel ke gusi depan, ujung lidah nempel ke gigi depan atas, ada yg lidah nempel ke gigi geraham, dll. Buat saya, yg bikin lidah belibet adalah pas pengucapan sho, dho, tho, dan zho. Lah dulu diajarinnya hrs smpe bibir monyong, pdhl ternyata ga sampe monyong2🙂. Kata ustadzahnya, memang di awal2 ribet, krn blm terbiasa. Insya Allah kalau dilatih terus-menerus pasti bisa.

Semangaaattt!! Saking semangatnya, kalau saja ustazahnya bisa, rasanya pengen saya undang ngajar private di rumah saya setiap hari 1 jam🙂. Perasaan kurang banget 1,5 jam sekali seminggu. Di rumah sih latihan sendiri, tp kan ga ada yg mengoreksi bener salahnya.

Semoga Allah memberi kesempatan pada saya untuk bisa membaca al Qur’an dengan pengucapan yg sempurna sblm tiba ajal saya. Semoga juga kelak saya bisa mengajarkannya kembali kepada yg lain. Amiin.

Jujur, jealous banget liat ustadzah dg ilmunya dan kegiatannya mengajarkan al Qur’an. Oiya, yg blm tau tentang tahsin, bisa baca disini ya

Belajar tahsin


4 responses to “Belajar tahsin yuuukk :)

  1. difana says:

    itu memang tahap yang susah mbakkkk… tapi tetep semangat ya mbakkkk.. ^^

  2. […] itu saya pernah cerita tentang senengnya saya karena akhirnya bisa ikut kelas tahsin di sini https://zehanachda.wordpress.com/2012/09/26/belajar-tahsin-yuuukk/. Agak mengejutkan kalo dari statistik yg tertera di blog saya, ternyata postingan saya yang tahsin […]

  3. dini says:

    makasih ya bunda..
    ini mau belajat tahsin juga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RedCarra's Notes

Journal of Creative Writing, Blogging, Graphic Design and Daily Life

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

ruang cerita shant

apa adanya bukan seadanya

CENDEKIA

Kids and Junior Science Center

Syauqiya

My Life, My inspiration

Ellina Supendy

My Life and My World

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Dina Y. Sulaeman

About Life, Parenting, and Motherhood

catatan mama nisa

Jadi Ibu di Jepang.

Mencoba Sakinah

----- Keluarga KamiL -----

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Enlighten & Empower

Which of your Lord's Blessings would you deny...

miapiyik

A topnotch WordPress.com site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

teman imaji

Invisible yet not Impossible. I exist.

%d bloggers like this: