Blognya Bunda Ze

Tempat Bunda belajar menulis sekaligus berbagi….

Ketika pipi bayi merah2

on September 2, 2012

Beberapa kali saya membaca pertanyaan dg subjek ‘merah2 di pipi bayi’ di milis2 nya para bunda. Isinya selalu dg pernyataan bahwa “Orang2 bilang itu karena kena ASI, ASI itu tajem kalo kena pipi bayi”. Lalu diikuti dg pertanyaan, ” ngobatinnya pake apa?”

Hari ini jg sy mendapat sms dg pertanyaan dan pernyataan yg sama dari salah seorang ‘adik’ saya. Hmm, jd pengen share nih ttg pengalaman saya berhadapan dg si ‘merah2’ ini…mudah2an bermanfaat bg bunda2 yg sedang atau kelak siapa tau menghadapi hal yg sama.

Ziqri, putra kedua sy, juga merah2 di pipinya sewaktu bayi. Awalnya merah2 cuma 1-2 titik seperti kalau digigit nyamuk. Emang dasar saya yg terlalu santai, saya cuekkin aja titik merah tadi, meskipun saya agak bingung dan bertanya dlm hati, “Perasaan ga ada nyamuk deh. Kalopun ada, si adek udah tutupin kelambu, kok masih digigit nyamuk?” (Note No 1: jangan cuekkin kata hati).

Makin lama, makin memerah lah pipi Ziqri. Merah dan kasar. Oiya, sbelum pipinya jd merah dan kasar ini, pipinya Ziqri memang udah gak mulus. Ayahnya sampe bolak-balik bilang, “wajah adek kok ga halus kayak bayi biasanya sih, bun? Dulu shaznin perasaan halus banget, sampe sekrg malah (wkt itu shaz dah 2 tahunan)”. (note no 2: jangan cuekkin kata suami)

Selain merah dan kasar (kering), adek jg suka usek2 pipinya spt org yg kegatelan tp ga bisa garuk pake tangan. Terkadang dr merah2nya suka ada cairan. Duuh, ga tega deh ngeliatnya. Saat itulah saya baru pontang-panting cari info. Pipi adek saya bersihin pake kapas yg direndam air anget setiap abis menyusu, ikut saran org2 krn katanya pipi merah akibat air ASI yg ‘tajem’. Meskipun begitu, tetep aja merah nya ga ilang. Hingga akhirnya saya berkenalan dg istilah ‘Dermatitis Atopik (DA)’.

adek dan dernatitis atopi

adek dan dernatitis atopi

Lengkapnya bisa dilihat di sini ya
http://www.sehatgroup.web.id/?p=147

Yup, jadi ini masalahnya bukan karena kena tumpahan/cipratan Asi, tp karena ziqri alergi. Lalu pertanyaan berikutnya yg bikin sy bingung, “Alergi apa ya?”

Alergi itu pencetusnya buanyaaaak banget. Tes alergi, selain mahal juga tidak menjamin pencetus alergi bisa diketahui secara benar (kata dokternya wkt itu). Jd, cara paling mudah meski ribet adalah dg observasi yaitu mendeteksi satu-persatu apa2 yg mungkin menyebabkan alergi. Baiklah, sy mulai observasi penyebab alerginya Ziqri.

Karena adek merah2nya di wajah dan saya ga pernah memakaikan sabun ke wajah, jadi saya pikir sabun itu bukan penyebab alerginya. Jd saya tetap bertahan dg sabun bayi yg sy pakai. Lotion, minyak telon, cologne bayi memang tdk pernah sy pakaikan, mengingat shaznin yg alergi minyak telon dan keyakinan sy bhw bayi ga perlu kosmetik apa2. Bayi baunya dah harum, lagi bau acem pun tetep sedep dihirup2. Ya kan, ibu2?🙂

Debu dan tungau saya perlakukan spt biasa, tetap2 bersih2 spt biasa, krn saya yakin anak sy ga alergi itu. Dlm pikiran saya, debu dan tungau itu manifestasi alerginya bukan dikulit tp di pernafasan.

Selanjutnya mengobservasi makanan bunda. LOh? Ziqri kan masih asi eksklusif, jd ga mungkin dia alergi makanan yg dia makan. Berarti Ziqri mgkn alergi makanan yg bundanya makan, yg akhirnya akan termakan (terminum) oleh Ziqri melalui ASI. Namanya ibu2 menyusui, segala macam ya dilahap. Dokter dan referensi menyarankan agar saya diet makanan2 yg berpotensi besar menyebabkan alergi spt seafood, susu sapi dan produk turunannya (keju, mentega, yoghurt), kacang2an, coklat, dsb. Huaaaa banyak benerrr. Dokter menyarankan saya diet seafood dan produk susu sapi aja selama kurleb 2 minggu, liat efeknya sama Ziqri. Kalau dah membaik, baru bunda boleh coba lagi makan produk2 itu lagi, tp ga boleh sekaligus, hrs satu-persatu untuk melihat efek alerginya. Kalau dlm dunia MPASI, cek satu persatu ini dianjurkan pake metode ‘4 days rule’. Maksudnya, kita kalau ngetes 1 makanan hrs tunggu sampe 4 hr sblm coba jenis makanan yg lain. Krn reaksi alergi biasanya timbul paling lama di hr ke 4 stelah makan.

Akhirnya, ‘penderitaan’ bunda dimulai :p Seumur2 ga pernah diet, eh terpaksa hrs diet. Tapi demi anak, apapun kulakukan🙂 Etetapi,sy ternyata kurang teliti jg dlm berdiet. Tetep makan terasi krn lupa kalo terasi itu udang. Hadeeeh…itu udang memang ‘galak’ bener, Ziqri langsung memerah lagi. Ayahnya sampe ngomel2 krn bundanya ga teliti. Belakangan ini, saya baru nyadar kalo yg namanya sayuran yg dicah/ditumis, capcay dan teman2nya sesama chinese food jg suka dikasih saos tiram, yg mana msk kelompok seafood. Pantesan itu merah2 ga ilang2.

Selama Ziqri merah2, saya hanya kasih pelembab khusus buat bayi dan minyak kelapa. Sebenarnya ada salep yg bisa menyembuhkan dalam wkt yg cepat. Tapi salep ini merupakan salep steroid yg mengandung zat kimia berbahaya kalau dipakaikan ke kulit dlm wkt yg lama. Pernah, ketika saya melihat pipi Ziqri udah parah banget, akhirnya saya kasih jg salep itu (dengan resep dokter), tp cukup 3 hari. Karena saya takut efek sampingnya.

Kira2 sebulanan saya diet, akhirnya sy memutuskan produk susu sapi dan turunannya aman buat Ziqri. Sementara diet seafood berlangsung smpai Ziqri hampir setahun. Semakin bertambah usia, Ziqri semakin kuat daya tahan tubuhnya. Jd, kalau saya makan seafood, dia ga merah2 lagi. Meskipun begitu, krn potensi alergi dia besar, sya menunda pemberian seafood langsung ke ziqri. Sampai sekarang, Ziqri bisa makan ikan laut, tp udang belum pernah saya kasih. Kalau sekedar kerupuk udang sih pernah, dan insya Allah gak papa.

Ok deh, mudah2an bermanfaat ya buat para bunda yg anaknya berpipi merah2. Kesimpulannya :
1. Merah2 kemungkinan (besar) karena alergi. Apalagi kalo orgtuanya ada alergi jg.
2. segera observasi dan hindari pencetus alerginya.
3. Kulit kering dikasih pelembab, minyak kelapa
4. Kalau parah dan keliatan mengganggu si bayi, kasih salep hidrokortison 0,5-1%….tipis-tipiiiiiisss aja…dan jangan lama2.
5. Kalau blm bantu juga, mgkn harus dg salep/obat yg lbh ‘kuat’ dg resep dokter….jangan sampe deh ya

Love n hugs for our babies😉


25 responses to “Ketika pipi bayi merah2

  1. ira nuraini says:

    Akhirnya terdampar di sini…sm bayiku jg merah2 gini mbk, dl kakak2nya sih sm jg sih dan emang ilang dg sendirinya…tp risih jg tiap ktm orang, dibilangnya…ini kena susu ni pipinya dan slalu jwb ini krn alergi kok…yg susah kan kl si baby jg mnm ASIP dmn itu merah nya jg bs jd bbrp hari/minggu sblmnya yg kdg kita dah lupa mkn apa aja jdnya hilang n timbul trs…. aq biasanya ksh apolar cream, tp blm detil bc komposisinya jgn2 jg ngandung steroid😦

  2. farayunda says:

    Sangat membantu sekali bun tulisannya , tq

  3. maharani says:

    bunda ze.. bayiku mirippp banget tuh tanda2 alerginya, yaah..diet nih emak nya😄
    mba ira, anakku juga aku kasih apolar tapi jd belang2 kulitnya😦 jadi nya aku hentikan takut efek samping. sampe sekarang belum nemu krim yang pas. udah coba medigel yang katanya bisa buat semua masalah kulit PUN tak ada hasilnya *sigh

    • zehanachda says:

      Mbak maharani, dulu anak sy dikasih pelembab Ezerra. Tp skrg Ezerra sdh tdk beredar lg. Terakhir sy baca
      rekomendasi dokter yg anaknya jg dermatitis atopi, ksh Physiogel. Coba aja mbak, smoga membantu. Terima kah sdh mampir 😊

  4. hesti says:

    Terimakasih infonya,
    anak saya baru berumur 6hari, pipinya jg ada kemerah2an dan pindah2, ap itu jg karena alergi?
    mohon informasinya,

    • zehanachda says:

      Salam kenal mbak. Ibu atau ayahnya punya riwayat alergi? Kalo punya biasanya menurun. Tp jujur sy ga bisa mengatakan itu alergi krn tdk liat merah2nya spt apa. Lbh baik konsultasi ke DSA aja mbak.

  5. nur yani says:

    bunda bayi ku mirip bgt sprti inii dan skrg kulitnya jadii belang, udah saya kasih salep hydrocortisone tp blm ada hasilnya.kira² klo diolesi minyak kelapa terus bisa kembalii seperti semula tdk yaa kulitnya?? krn jujur bund sedih ngeliatnyaa.. mohon jawabannya bunda. terimakasih

    • zehanachda says:

      Salam kenal mbak nur yani, hydrokortison utk DAnya, bukan utk belangnya. Mohon maaf, utk menghilangkan belang di kulit sy jg blm tau pake apa. Skrg ini sy sdg mencoba memakai jelly gamat utk setiap masalah kulit. Dan sejauh ini hasilnya lumayan. Oiya sy gak jualan ya, mbak. Jd ini testimoni pribadi aja. Maaf kalo tdk membantu.

  6. Fani says:

    Bunda ze,,, bayi ku juga kena DA kasihan suka gk tega lihat dianya…. trus aq bwa k dr. Anak sama bun, aq di suruh diet alergi n dokternya juga kasih salep sodermix…. yah ne br coba….

  7. Ira Angraini says:

    bun..babyku jg kena DA nih. udh diet seafood sm susu n turunannya. dksh salep sm dokter utk 5 hr. merah2 di leher sdh sembuh, yg di pipi wkt itu sdh mendingan. tp skrg merah2 lagi pipinya. pdhl emaknya msh diet.. knp ya?😦

    • zehanachda says:

      Maaf mbak, gak bisa bantu. Mgkn ada turunan seafood yang termakan spt sambal terasi, petis, atau makanan yg biasanya dicampur udang spt somay? Kalo dietnya sudah bener dan masih merah2, sebaiknya konsultasi dokter lg aja mbak. Bisa aja ada penyebab lain

  8. Slm kenal bun, sama… Anakqu jg kena Dermatitis Atopik… Sedih sekali bun. Takut ada bekas di pipinya. Ini masih ngulang2 lagi alerginya… Saya sd 1 bln berhenti ngasih asi, takut alergi dri makanan yg saya konsumsi… Tp ttp saja masih merah2 pipi anak saya bun

    • zehanachda says:

      Wah mbak….sayang sekali berhenti ASI-nya….justru ASI itu membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak kalo mnrt pengalaman sy. Alergi dermatitis mmg susah susah gampang utk mendeteksinya. Kalo sy wkt itu pake diet dulu dr produk susu dan turunannya juga seafood. Pelan2 ketauan juga akhirnya kalo seafood (udang) penyebabnya. Rajin dikasih pelembab aja mbak spt minyak zaitun atau minyak butbut utk membantu mengurangi gatalnya. Semoga lekas teratasi 😊

  9. alma says:

    bun ank q umr 2bln kaya gtu prtma bentol krna nymuk klama2 merah2 tebel lg terus ad bintik2 kaya wrna kuning gtu jdi ksihn lhtnya..pas aku cri info2 google ktany alergi tp alergi apa ya ?? prnh mkn kacng bali smpe tinggl sdkit itu awl mulany tmbul jdi bintik2 merah,sya stop ga makan itu lgi ttp msh bintik2 mrah tp udah pudar,nah skrng merah2 lg tebel kasar saran org tua pake liur ibuny q coba dua hri mlh memerh😣..prnh awl prnh ksh cream bayi sama baby oil juga ga smbuh2 air hngt jg prnh dicoba malah kaya melepuh gtu trus jdi gatel si kecil..jdi bingung kenapa ya apa pnyebabny obatny apa ya???

  10. Ana says:

    Artikelnya sangat membantu sekali bun. Terimakasih🙂

  11. ester says:

    Mbakk anakku sama persis masalahnya spt anak mbak. Lagi pusingg mikirin apakah nanti kondisi wajahnya akan kembali mulus??..kalo kata dr ini akan hilang dgn sendirinya. Oh iya pelembab apa ya yg mbak kasih ke anaknya??..

    • zehanachda says:

      Dulu sy pake pelembab ezerra mbak. Tp skrg dah gak produksi lg sptnya. Coba bbrp produk pelembab yg tanpa pewangi, kurang cocok aja. Sekarang sy ke pelembab herbal aja, bisa coba minyak zaitun dan atau minyak butbut, mbak. Alergi spt dermatitis itu hilang timbul krn daya tahan anak kan juga naik turun. Alhamdulillah anak sy sih skrg mulus pipinya. Krn sdh tambah besar dan meningkat daya tahan tubuhnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RedCarra's Notes

Journal of Creative Writing, Blogging, Graphic Design and Daily Life

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

ruang cerita shant

apa adanya bukan seadanya

CENDEKIA

Kids and Junior Science Center

Syauqiya

My Life, My inspiration

Ellina Supendy

My Life and My World

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Dina Y. Sulaeman

About Life, Parenting, and Motherhood

catatan mama nisa

Jadi Ibu di Jepang.

Mencoba Sakinah

----- Keluarga KamiL -----

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Enlighten & Empower

Which of your Lord's Blessings would you deny...

miapiyik

A topnotch WordPress.com site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

teman imaji

Invisible yet not Impossible. I exist.

%d bloggers like this: